Kenal Lebih Jauh dengan Snapdragon 636

Jakarta – Di dalam Snapdragon 636, Qualcomm ternyata turut menanamkan sejumlah kemampuan yang sebelumnya hanya ada di seri 800. Apa saja?

Nokia 6.1 Plus diketahui jadi salah satu ponsel yang menggunakan prosesor Qualcomn Snapdragon 636 di dalamnya. Seperti apa sih sebenarnya kemampuan dari chipset tersebut?

“Untuk meringkas saja, mungkin teman-teman sudah banyak yang tahu, pada umumnya Qualcomm Snapdragon itu dibagi menjadi bebera tier,” ujar Senior Marketing Manajer Qualcomm Technologies Inc Dominikus Susanto saat ditemui dalam sebuah kesempatan di Bogor.

Sekadar informasi, Snapdragon memiliki sejumlah seri yang terdiri dari masing-masing tingkatan. Ada seri 800 (premium), 700 (ultra high), 600 (high), 400 (mid), dan 200 (entry).

Nah, Snapdragon 636 yang ada di Nokia 6.1 Plus ini masuk ke dalam seri high, jadi performance-nya bagus tapi baterainya tetap irit,” ucapnya menambahkan.

Selain itu, ia menambahkan, ada sejumlah peningkatan dari chipset ini dibanding seri-seri sebelumnya. Salah satu yang paling signifikan adalah dari segi CPU.

Mengenal Lebih Jauh Soal Snapdragon 636Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Snapdragon 636 sudah dipasangi dengan Qualcomm Kryo 260, yang biasanya terdapat di seri 800. Jadi, ia mengklaim, secara performa jika dibandingkan dengan seri sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 40%.

“Satu lagi yang diunggulkan dari Snapdragon 636 adalah ISP. Itu adalah hal yang berhubungan dengan kamera. jadi kalau mau hasil foto yang bagus tapi image processor-nya jelek, itu tidak mungkin,” katanya.

“Snapdragon 636 ini sudah dilengkapi dengan Qualcomm Spectra 160 yang sebelumnya juga hanya ada di seri 800. Jadi kalau mau hasil foto bokeh yang bagus, lalu foto low light yang berkualitas yang tidak pecah, HDR yang bagus, itu semua memungkinkan,” tuturnya menambahkan.

Soal konektivitas, chipset ini memiliki modem X12. Jika memungkinkan, kecepatan downloadnya bisa tinggi, sampai di atas 300 Mbps hingga 600 Mbps.

Di samping itu, Snapdragon 636 juga dilengkapi dengan Adreno 509. Dengan GPU tersebut, performanya diklaim lebih ngebut 30% dibanding pendahulunya. (mon/rns)